Selasa, 24 Mei 2011

Manula Rentan Malnutrisi

Seiring bertambahnya usia, risiko seseorang mengalami malnutrisi akan meningkat. Mereka yang telah menapak usia senja adalah kelompok yang paling berisiko.
Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya malnutrisi di usia lanjut seperti menderita penyakit tertentu, menurunnya fungsi fisiologis, pola makan yang salah, faktor ekonomi, berkurangnya kontak sosial dan mengkonsumsi banyak obat.
Menurut dr. Nina Kemala Sari, Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI/RSCM), bila problem nutrisi pada usia lanjut tak tertangani dengan baik akan menimbulkan konsekuensi lain yang berakibat pada meningkatnya biaya kesehatan dan menurunnya kualitas hidup.
Malnutrisi dapat didefinisikan sebagai kondisi yang disebabkan ketidakseimbangan atau ketidakcukupan makanan yang menyebabkan kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi.
Pada pasien usia lanjut yang sedang sakit, kata Nina, masalah malnutrisi dapat meningkatkan komplikasi penyakit, membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama serta menyebabkan biaya pengobatan membengkak.
"Nutrisi harus dianggap sebagai bagian dari pengobatan itu sendiri agar penanganan penyakit lebih baik dan efesien," ungkapnya pada acara Media Edukasi Sehat dan Madiri di Masa Tua dengan Menjaga Nutrisi Seimbang, Selasa, (24/5/2011) di Jakarta.
Pada kesempatan yang sama, dr. Edy Rizal Wahyudi mengatakan, keluhan pasien usia lanjut yang datang ke rumah sakit seringkali disebabkan mereka tidak mengkonsumsi nutrisi dengan baik.
"Oleh karena itu, penting untuk dilakukan perbaikan asupan nutrisi agar orang tua dapat mengkonsumsi makanan yang berimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh," katanya.
Edy menambahkan, asupan nutrisi berpengaruh pada keseluruhan fungsi tubuh.  Tak hanya  suplemen vitamin dan mineral tertentu saja,  konsumsi makanan yang lengkap dan seimbang dibutuhkan untuk membantu proses pemeliharaan, perbaikan sel, dan membantu fungsi tubuh secara keseluruhan.
"Dibutuhkan makanan yang terdiri dari makronutrien (karbohidrat, protein, lemak), mikronutrient (vitamin dan mineral), serat yang cukup, dan asupan air yang cukup," ujar Edy yang menambahkan selain nutrisi yang lengkap dan seimbang, olahraga yang cukup dan tetap berpikiran positif juga menjadi aspek yang harus diperhatikan agar dapat memiliki masa tua yang sehat baik secara fisik dan mental.

sumber : kompas.com
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar