Senin, 02 April 2012

Penggunaan Software Open Source Dalam Suatu Aplikasi


        Dalam pembuatan suatu aplikasi pasti tidak ketinggalan dengan yang namanya software yaitu sebuah perangkat lunak yang digunakan di dalam komputer sebagai pendukung dalam pembuatan suatu aplikasi.

           Software yang sering digunakan oleh para pengguna komputer  biasanya dianjurkan yang bersifat open source karena software yang bersifat open source itu sifatnya membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.

Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux. Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.

Software yang bersifat open source ini memiliki kelebihan dan kekurangan pada penggunaannya. Kelebihan dari software yang bersifat open source adalah dapat diperoleh dan digunakan secara gratis dengan mendownload via internet tanpa perlu membayar lisensi, peningkatan kualitas, menjamin masa depan software.

 Sedangkan untuk kelemahannya dari software yang bersifat open source adalah GUI dari software biasanya kurang memuaskan untuk user yang awam, terkadang ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan jenis software berbayar, software open source biasanya kurang diminati oleh user awam karena biasanya sulit dalam instalasi atau penggunaan.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar